Belajar Matimatika Dapat Melukai Otak

news update - Apakah Anda termasuk orang yang tak tertarik dengan pelajaran mengenai angka saat sekolah dulu? Bagi sebagian orang, matematika malah menyebalkan.

Anda pasti menghindari kontak mata dengan guru dan ketakutan saat dipanggil maju ke depan kelas untuk menyelesaikan soal hitungan.

Kini, ada sebuah bukti. Masalah hitung-hitungan ternyata seperti sesuatu yang menyakitkan. Ketika dihadapkan dengan matematika, sebagian orang malah merasakan rasa sakit di tubuhnya.

Menurut peneliti di University of Chicago, rasa takut tak bisa menyelesaikan soal-soal matematika dapat mengaktifkan area otak yang berhubungan dengan pengalaman rasa sakit dan ancaman, seperti saat mengalami luka fisik.

Temuan dalam journal PLOs ONE ini juga menunjukkan bahwa respons rasa sakit terkait dengan antisipasi dari sebuah peristiwa yang tidak menyenangkan.

"Bukan matematikanya yang menyakiti, namun menghindari matematika (karena tak mampu bisa mengerjakannya) itu yang menyakitkan," jelas peneliti dari University of Chicago.

2 komentar:

kumpulan informasi terbaru mengatakan...

mannteeep

Bocah Poris mengatakan...

Wah Nice Info nih , Mantap Artikelnya .. :D
@Blogwalking

Posting Komentar

Pengikut